Lakukan 5 Hal ini Jika Smartphone Kamu Lemot



Smartphone adalah bagian dari hidup manusia di masa era digital ini, bahkan smartphone dianggap lebih penting ketimbang berkomunikasi dengan manusia, tidak terkecuali smartphone android atau iOS sekalipun, keduanya merajai sistem operasi smarthphone.
Bagi pemula atau awam dalam digital smartphone, perangkat yang lemot adalah masalah terbesar dalam hidupnya, tidak sedikit pengguna yang kesal terhadap smartphone yang lemot. Kenali penyebab perangkat anda lemot sebelum memutuskan untuk pergi ke service handphone.

1. Memaksa Smartphone Anda

sumber foto : androidpit.com

Banyak pengguna yang sering memaksa perangkatnya, mungkin dia berfikir semua aplikasi bisa di instal di smartphone kesayanganya itu, misalkan kebanyakan aplikasi game dan lainnya. Padahal memori RAM nya hanya 1 GB saja, tentu ini akan membuat perangkat menjadi lemot karena tidak sanggup untuk memutar aplikasi dari batas kemampuan dari RAM tersebut ada baiknya sebelum menginstal Aplikasi di googla play, periksa spesifikasi minimun aplikasi tersebut ataukah mampu berjalan di RAM smartphone kamu atau tidak. Perlu diperhatikan bahwa sistem RAM memerlukan ruang RAM tesisa untuk bisa melakukan aplikasi dengan lancar. Jadi jangan paksa smarthpone anda.

2. Memori Internal Penuh

sumber foto : tribunews.com


Ini lebih membuat lemot lagi perlu dibedakan memori RAM internal berbeda dengan RAM External, salah satu penyebab RAM internal menumpuk adalah dengan penuhnya chache (file sampah) pada smartphone anda. Bersihkanlah file anda dar cache yang tidak perlu, biasanya ini pada saat browsing baik di youtube atau chrome, selalu menyimpan file cache yang memakan ruang RAM internal. Bahkan anda harus menyisakan ruang kosong untuk RAM internal agar bisa menginstal Aplikasi baru. Hapus aplikasi yang tidak terpakai untuk mengurangi beban RAM internal, dan gunakan aplikasi penghapus cache,  bisa di download di google play, seperti ccleaner atau clean master

2. Cache Menumpuk

sumber foto : tribunews.com


Bersihkan Cache secara berkala dengan aplikasi penghapus chache, jika anda sering browsing menggukan chrome dan youtube ada baiknya bersihkan cache ini agar tidak membuat beban RAM semakin bekerja berat, dan gunakan aplikasi penghapus cache,  bisa di download di google play, seperti ccleaner atau clean master

4.Aplikasi di Background penuh

sumber foto : wartaiptek.com


Perlu disadari aplikasi yang menumpuk pada baground akan memakan memori internal juga, kalau kamu bermain di PC ini seperti layar desktop yang terdiri dari beberapa aplikasi. Hanya saja di smarthone ini ber[engaruh walau tidak banyak, tapi aplikasi file yang menumpuk di background lama kelamaan akan membuat kinerja perangkat kamu menurun.

5.Software Update

sumber foto : gregetan.com


Jika kamu memperhatikan sebenarnya di belakang layar bacground kamu yang diam tanpa digunakan, sistem bekerja walau tanpa di sentuh sekalipun. Kalau di pc ini seperti kita mengecek “task manager”. Aplikasi yang berja di belakang layar, aplikasi itu adalah software update otomatis. Coba cek aplikasi apa yang kamu gunakan apa yang tidak  jika tidak perlu hapus saja, karna sistem aplikasi tersebut dibuat otomatis ke server pengembangnya untuk melakukan update otomatis, jika semua aplikasi melakukan update pada saat bersamaan tentu smartpohne kesayangan kamu akan lemot.

Semoga saran dan tips diatas berguna dan bermanfaat bagi kamu dan selamat mencoba.