Wanita dan Bisnis Internet

wanita dan bisnis


Wanita dan Bisnis Internet


Bisnis internet adalah bisnis yang sedang trend, banyak dari pebisnis offline yang juga menjual produk mereka secara online padahal sebelumnya mereka menjual secara offline. Kaum wanita juga tidak mau kalah dengan hal ini, banyak wanita yang sukses dan berhasil mandiri dengan bisnisnya sendiri melalui menjual hasil kreasi atau menjual produk mereka melalui internet. Banyak celah di internet yang masih bisa untuk digarap. namaun tidak banyak yang mengerti bagaimana menjual produk mereka di internet sampai bisa di tangan konsumen dengan aman dan tepat. Justru ini adalah tantanganya bagaimana seorang pebisnis online mampu berjualan secara online.

Kenapa banyak wanita yang terjun di bisnis online?

1.Karena praktis dan efisien : bisnis online bisa berjalan tanpa harus menyewa sebuah tempat seperti buka usaha pada umumnya, anda hanya berjualan dengan photo produk anda dan di upload di internet, tanpa harus menyewa ruko dan pusing memakan tempat. Produk anda juga bisa anda tumpuk di rumah sendiri, sambil menjaga anak tanpa harus meninggalkantanggung jawab sebagai istri/ibu rumah tangga

2.Jangkauan luas  : Berjualan secara online tidak terbatas ruang dan waktu, yang tadinya anda hanya berjualan dan pelanggan hanya di dalam kota saja, dengan bisnis online anda bisa menjual produk anda ke seluruh kota Di Indonesia, bahkan jika anda mau bisa sampai ke luar negeri.

3.Full Time  : Dengan berjualan di Internet  anda bisa berjualan 24/7 maksudnya 24 jam 7 hari seminggu, disaat anda tertidurpun orderan bisa berlangsung. karena di akses melalaui internet yang tidak pernah libur.


Nah penasaran kan, berikut sedikit tips mengenai tata cara berjualan online

1. Anda harus memiliki toko, maksudnya bukan ruko, toko di online adalah website, nah dengan adanya website anda bisa upload katalog produk anda , review dan harga produk anda , ini adalah fungsi website online sebagai media pengganti ruko/tempat

3.Riset pasar maksudnya, di dunia internet banyak sekali produk yang dijual nah adakalanya anda sebagai pebisnis memiliki naluri  seperti ini, apa yang dibutuhkan konsumen, itu yang akan anda jual, atau produk yang sedang trend,jangan memaksakan produk anda yang belum tentu diterima pasar,

2.Anda harus siapkan produk anda, maksudnya anda sudah yakin terhadap produk yang anda jual, anda bisa menjual 1 jenis produk atau lebih dalam 1 marchant atau lebih itu terserah anda, namun ada baiknya untuk pemula mulai lah dengan 1 produk misalkan anda khususn menjual sepatu atau baju , itu akan lebih fokus,

3.Siapkan nama toko anda, maksudnya nama website anda pilihlan nama yang tidak terlalu sulit dan mudah diingat , ini penting karena dengan mudahnya nama website anda diingat maka pelanggan akan lebih mudah untuk mengingat dan mengakses website anda,jika perlu pergunakan google keyword tools untuk membantu anda, kata kunci apa yang sering di pergunakan untuk berselancar di internet untuk mencari kebutuhan mereka.

sebagai contoh misalkan anda menjual sepatu unik, yang dinamakan  domain adalah,www.namadomain.com anda bisa membuatnya misalkan menjadi www.sepatuunik.com atau tiga suku kata saja misalkan www.sepatuunikvira.com, misalkan vira itu nama anda?
ingat jangan lebih dari tiga suku kata.

4.Desain web anda dengan menarik dan enak dilihat mata, tidak usah terlalu profesional karena akan memakan biaya mahal dalam pembuatanya.untuk di awal anda bisa membuat yang biasa saja namun tertata rapi.
Saran saya jika anda serius mengelola website online anda, gunakan hosting berbayar.

5.Tentukan metode pemesanan: tentukan bagaimana langkah konsumen memesan produk anda misalkan konsumen dapat memesan via telepon, BBM,YM, atau sms: semua tergantung anda, namun ada kalanya konsumen lebih tertarik memesan via telp atau sms.

6.Tentukan metode pengiriman: Ini adalah ujung tombak usaha online anda , jangan sampai anda salah memilih perusahaan paket ekspedisi, karena bisa mengecewakan konsumen anda, di bisnis online jika barang tidak sampai bisa jadi anda kehilangan konsumen berikutnya itu akan berdampak buruk. 
Untuk ini anda harus membuat cara seandainya barang yang dikirim tidak sampai atau rusak , langkah apa yang harus anda ambil.

7.Menjaga hubungan baik dengan kunsumen: Anda harus menjaga hubungan baik ini, bila perlu beri diskon spesial kepada pelanggan tetap anda. itu sangat ampuh dan membuat konsumen belanja lagi di bisnis online anda.
JIka hari besar anda bisa mengirim ucapan selamat via sms, itu akan menjalin hubungan baik.
Ingat salah satu yang membuat toko ramai adalah keramahan pemiliknya dan penjaga tokonya, jika anda ramah maka pembeli akan kembali lagi
disamping kualitas produk anda memang bagus.

8.Mulailah dengan memulai. Salam action!

Bisnis online membutuhkan keseriusan jangan putus asa jika dalam memulai anda belum mendapatkan order satu orang pun, ingat apapun bisnisnya yang diperlukan adalah ketekunan ,fokus dan berdoa.




EmoticonEmoticon