Membongkar Video Calon Sarjana dan The Shiny Peanuts

MEMBONGKAR HABIS VIDEO CALON SARJANA DAN THE SHINY PEANUT


Mungkin diantara kalian ada yang penasaran dan bertanya tanya kenapa channel video sebesar Calon Sarjana dan The Shiny Peanuts tidak terkena copyright pada channel youtube mereka. Padahal hampir rata-rata videonya ngambil dari channel orang lain? apa tidak kena Copyright?.

Dan karena banyak pertanyaan yang masuk ke  komentar dan email saya di youtube, saya akan mencoba menjelaskannya pada informasi berikut ini

Artikel ini bukan untuk , iri atau tidak suka pada channel tersebut. Lebih tepatnya ini seperti bedah video yang memang di khususkan bagi kalian yang belum paham mengenai Copyright dan Fair Use youtube.  Kita langsung saja ke pembahasanya.

Pembahasan pertama adalah copyright.

Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke saya ketika video saya berjudul cara membuat video seperti calon sarjana di publish, dan pertanyaanya tidak jauh jauh dari seputar copyright.
Kira kira pertnayaanya seperti ini’

Time line

“Bang kalau buat video seperti calon sarjana itu kan, ngambil ngambil dari video channel orang, kira2 gak kena copyright gak ya?

Saya tidak akan jelaskan apa itu pengertian copyright, karena akan terlalu panjang, silahkan googling sendiri seperti apa copyright itu, karena kita langsung ke tujuan  copyright youtube. 

Perlu diketahui bahwa youtube sangat –sangat melindungi hak cipta di  dari setiap video yang memang dipegang hak intelektualnya oleh publisher dalam hal ini bisa saja video berisi lagu, atau video berisi film yang dilindungi haknya oleh hak kekayan intelektual oleh perusahaan yang sudah terdaftar. Dan itu resmi menjadi karya mereka, oleh karena itu youtube menyediakan content id. 

"Dan apa itu content id ?"

kira kira isinya seperti ini :
Klaim ini dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki hak atas musik, film, acara tv, video game, atau materi lainnya yang dilindungi hak cipta.

Pemilik konten dapat menetapkan content id untuk memblokir materi dari youtube saat klaim dibuat. Mereka juga dapat mengizinkan agar video tetap ditayangkan di youtube dengan iklan. Pada situasi tersebut, pendapatan iklan akan diberikan kepada pemilik hak cipta atas konten yang diklaim.

Tapi kenapa calon sarjana ngambil video orang sih ,apa gak kena copyright?

Oke seperti ini, youtube menyediakan dalam acuan penggunaan video oleh orang ketiga yang dinamakan fair use (atau penggunaan wajar), fair use sendiri juga memiliki jangkauan yang luas, kita langsung ke pembahasan saja. Youtube menyediakan fair use dalam penggunaan wajar, dimana video yang di ambil berupa cuplikan atau potongan potongan video pendek, dengan maksud untuk tujuan edukasi, atau informasi. Dan ini dibolehkan selama penggunaan itu wajar, namanya juga fair use. 

Namun jika digali lebih dalam lagi fair use youtube jangkauanya sangat luas, sebenarnya dasar penggunaan fair use tidak diperkenankan untuk penggunaan profit atau mencari keuntungan. Dan untuk mitos dan fakta penggunaan fair use bisa dilihat langsung di laman informasi youtube 

Dari materi "fair use" ini yang dapat disimpulkan 


Penggunaan komersial kemungkinan kurang dianggap sebagai penggunaan wajar, meskipun monetisasi video dapat dilakukan dan masih ada manfaat yang dapat diambil dari penggunaan wajar.(sumber youtube/ yt-copyright-resources)

Namun nyatanya semakin banyak channel yang bergenre fair use di youtube, mungkin mereka tergiur dengan calon sarjana maybe yes maybe no.

Terus apa boleh menggunakan video orang lain untuk fair use dan bisa di monetise?

Caranya adalah dengan ambil potongan video yang singkat saja jika diperlukan, dan sertakan source video di video yang kalian buat.

Terus apa dengan cara seperti itu bebas copyright?

Tidak ada yang menjamin cara seperti itu bebas copyright, namun paling tidak kita melakukan sesuai standart penggunaan fair use yang ditetapkan youtube. Untuk lebih jelasnya silahkan ke laman fair use youtube.


Pembahasan ke dua

Ide ide membuat video seperti calon sarjana
Jika bicara tentang ide, percayakah kalau semua itu ada di internet, bahkan ada di youtube, atau kalian bisa googling saja.

Bahkan kalian bisa membuat video dari sebuah artikel yang menarik, caranya kalian tinggal search di google hal- hal yang unik dan seru, atau buat sebuah artikel yang lagi trending di internet.
Buat sebuah narasi yang bagus, dan siap untuk di record menggunakan audacity atau adobe premiere

Jadi tentukan niche channel kalian, misalkan niche sport, unik, film, news, game  dan lain sebagainya, akan lebih mudah mencari sebuah artikel untuk dibuat video berdasarkan niche yang kita tentukan, dan tentunya youtube lebih menyukai channel yang nichennya konsisten tidak gado - gado.

Percayalah setiap hal di interent bisa dijadikan sumber berita tergantung kita mengolahnya dan mengemasnya secara menarik di mata viewers.


Pembahasan ke tiga

Cara ini juga sering dipertanyakan pada kolom komentar dan ada yang masuk email saya, pertanyaanya seperti ini.

“Bang ngeditnya pakai software apa?”

Pertanyaan yang klasik yang sepertinya itu itu saja, tapi baiklah akan kita bahas sedikit disini, 
Pada asarnya software pengolahan video itu saya membaginya menjadi 3

1.Versi pemula =bisa menggunakan software yang plug n play . Artinya mulai dari tampilan dan penggunaan memang dikhususkan untuk pemula, contohnya seperti, software movie maker, corel video, video pad  dan sejenisnya

2.Versi menengah – software ini di khususkan bagi user yang ingin sedikit atau mahir di tingkat editing video karena penggunaan tols yang sudah pro, walaupun tetap plug n play tapi effect dan tools sudah bisa mengarah ke editing yang pro, contohnya, filmmora, pinacle, corel video x  series dan sejenisnya

3.Versi pro atau expert, software ini dikhususkan bagi kamu yang ingin menjadi profesional di bidang editing video, karena effect dan toolsnya memang sudah dilengkapi untuk editor pro, seperti sony vegas, adobe premiere, final cut x, davinci resolve dan lain lain.

Tapi kesemuanya yang paling panting adalah , kemampuan komputer yang sesuai spesifikasi agar editing lancar , dan yang paling penting, semangat belajar untuk ngedit video, selebihnya silahkan pilih software sesuai selera dan keinginan dan kebutuhan.

Untuk merekam narasi dan audio kalian bisa menggunakan versi gratisan seperti audacity, atau kalau mau yang pro bisa Adobe Audition atau, Cubase , Nuendo dan masih banyak lagi. Kalau mau gampang cukup Audacity


Pembahasan ke empat

Cara membuat narasi

Cara pertama adalah dengan mencari sumber berita yang unik, seperti pembahasan kedua, kalian bisa search di google mengenai niche video kalian, misalkan unik dan seru, setelah di search akhirnya kita menemukan artikel yang cocok untuk dibuat video.Selanjutnya silahkan teman teman buat narasi sesuai gaya bicara teman teman sendiri tentunya jangan ikut ikutan dengan channel lain. Setelah narasi selesai kalaian bisa record audio menggunakan audacity,  setelah direkam silahkan simpan dalam bentuk wav/mp3, dan selanjutnya siap diolah menjadi video di software pengholahan video seperti sony vegas atau adobe premiere.

Catatan penting, : narasi video harus sesuai dengan footage video,  akan teras aneh jika kalian membahas tentang unik, tapi video footage menampilan tentang sport, akan terasa tidak match untuk dilihat.

semoga bermanfaat, dan jika kalian suka dengan tutorial ini silahkan di bagi ke teman teman kalian.

Video Full


2 comments

Oh Pantesan hehe bagus2 Videonya kirain Buatan sendiri

Ternyata hasil RE-Edit

Tapi Subscribe sudah mencapai 8juta Calon Sarjana hehe

Ditunggu Kunjungannya

emang dipegang hak intelektual

Video Bokep Indo | Nonton Film Bokep Gratis
Nonton Online Video Bokep Streaming
Nonton film bokep streaming terbaru di bokepindohot.pw dimana bisa mencari video bokep abg, film bokep smu, film bokep abg cantik, film cewe seksi, abg montok, bokep indo, bokep online, bokep smp, video bokep jilbab.
Crot Bergetar
Pengalaman Nafsu ABG Sange Di Goyang
crotbergetar.blogspot.com
#crot #bergetar #crotbergetar


EmoticonEmoticon