Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Vlogger Pemula

Hai hai halo sahabat semua, udah lama rasanya saya tidak update artikel, ini disebabkan karena beberapa kesibukan saya akhir-akhir ini, Untuk artikel kali ini masih tidak jauh jauh dari pembahasan megenai youtube, kenapa youtube? ya karena akhir akhir ini saya tertarik sekali untuk membahas youtube, karena saya sedang mencoba serius mengelola channel saya di youtube. Nah kali ini saya akan berbagi informasi mengenai peralatan seorang youtuber untuk membuat video vlog, Apa itu VLOG, jadi vlog itu adalah adalah video blogger di singkat dengan vlog, 

Vlog sendiri berisikan video dari seorang vlogger, dimana vlogger adalah orang yang mengisi atau membuat video tersebut. Perkembangan yotube sangat cepat dan berkembang sehingga banyak vlogger-vlogger yang muncul di youtube, misalkan vlogger tutorial hijab, vlogger tutorial editing, vlogger tutorial make-up, vlogger tutorial masak memasak, dan bahkan ada vlogger yang merekam kegiatan sehari hari mereka dalam beraktivitas, Banyak vlogger yang sukses hanya dengan merekam kegiatan mereka sehari hari dan memiliki banyak fans di youtube, sebut saja dari dalam negeri ada Raditya Dika penulis novel sekaligus stand up comedy ini, sukses dengan video vloggernya, ada juga Edhozell yang nge vlog khusus bergenre komedi, dan Bayu SKAK, dan ada juga vlogger dari luar negeri, seperti Jena Marble.

Untuk membuat vlog sendiri sebenarnya tidaklah sulit namun harus memiliki gear (alat) untuk merekam vlog tersebut, 

1.Seperti Kamera Video
Kamera Video Vlogger
Kamera Video Recorder, pict :pixabay
Sebenarnya jika untuk pemula tidak harus memiliki kamera yang mahal mahal, smartphone kamu juga bisa dijadikan kamera video untuk merekam vlog, namun tidak sembarang smartphone, ada standart di youtube agar video kamu nyaman untuk dilihat, tentu saja dengan ukuran minimun 360 P atau berukuran resolusi 640 x 360, ini adalah standar resolusi video youtube untuk nyaman dilihat oleh viewer, semakin berkualitas HD semakin baik seperti 720 P dengan resolusi 1280 x 720, video ini adalah yang sangat disarankan oleh youtube. Silahkan sobat cek resolusi video pada smartphone sobat.
Berikut Resolusi Video Disarankan youtube
Standart Defenition (SD)
360p  = 640 x 360 aspect ratio 6:4
480p  = 640 x 480 aspect rasio 16:9
Hight Defenition (HD)
720p  = 1280 x 720 aspect rasio 16:9
1080p=1920 x 1080 aspect rasio 16:9

2. Mic/Headseat

Mikropon PC
Mikropon PC, pict :pixabay

Jika kamu ingin membuat vlogger seperti tutorial hijab, vlog gaming, vlog make-up, maka kamu dapat menggunakan mic table, mikrophone dengan stand  kecil yang bisa di letakkan di atas meja komputer kamu. Kejernihan suara dan adalah hal yang sangat penting untuk membuat vlog di youtube, karena itu adalah syarat mutlak dalam video editor, suara jelas dan gambar yang cerah. tidak harus mengeluarkan kocek dalam dalam untuk memenuhi gear seperti ini, sobat bisa menyesuaikan dengan kantong sobat , dipasaran banyak mikropon bagus dengan harga tidak terlalu mahal.

Jika kamu ingin membuat video vlogger keseharian seperti merekam aktifitas sobat, terkadang kamu harus memiliki Clip On Microphone, namun jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk membeli ini, sobat bisa menggunakan Headset saja untuk digunakan sebagai clip on mikrophone, dengan begitu suara yang dihasilkan akan terlihat lebih jelas.
Contoh headshet hp, pict :pixabay



3. Software editing video

Banyak software yang beredar di pasaran untuk mengedit sebuah video, semua dimulai untuk kelas menengah hingga profesional, Pada umumnya jika kamu ingin menjadi seorang youtuber kamu harus menguasai, software editing, sobat bisa memilih salah satu software yang seorang youtuber gunakan seperti Adobe premiere, Sony Vegas, Corel Video Studio, untuk lebih mudah ada software terbaru seperti filmora (wondershare) ini adalah software yang mudah digunakan, karena sudah dilengkapi efek siap pakai tanpa ribet, berikut penjelasan software editing para youtuber baca disini 

Untuk pemilihan software editing, sebenarnya ini tergantung yang menggunakan, jika kamu masih pemula dan ingin belajar video , cukup menggunakan yang simpel saja seperti corel video, atau filmmora wondershare, atau sejenisnya, software tersebut sosok untuk digunakan sebagai pemula, karena pengoperasian softwarenya tidak terlalu ribet,semua pluggin dan tools dan efek pun sudah ada jadi pengguna software hanya tinggal drag and drop saja.

Untuk kelas semi profesional dan profesional bisa menggunakan adobe premiere dan sony vegas, namun jiga kamu menggukan laptop mac, final cut pro adalah pilihannya, ketiga software ini cukup mumpuni untuk mengolah video berkelas profesional. sehingga menampilkan video dengan ukuran maksimal, tapi perlu diingat secanggih apapun softare kamu jika kamu merekam dengan kamera standart maka hasilnya tidak akan bagus juga, jadi semua perangkat harus saling mendukung satu sama lain.

Untuk pemula ada baiknya bijak dalam menggunakan budget atau  tabungan kamu untuk membeli kamera dan gear lainnya, mulailah dengan yang sederhana dan tidak mahal dulu, perlahan tapi pasti, kamu akan merasakan sensasinya bagaimana mengolah video secara tahap demi tahap.

4.Pc/Komputer

Ini bahkan sangat penting karena semua video ang telah dibuat akan diolah di pc/laptop sobat. untuk spesifikasi komputer sepertinya tidak ada habisnya, namun untuk mengolah sebuah video yang berkualitas medium , setidaknya sobat harus memiliki spesifikasi pc yang mumpuni. setidaknya memori (RAM) anda minimal 4 GB , dan hardis minimal 320 GB, lebih tinggi lebih bagus, karena hasil konversi video bisanya memakan ukuran file yang besar, tergantung bagaimana anda mengeditnya. VGA bisa menjadi penting atau tidak, ada beberapa software editing yang mampu berjalan meski tanpa vga card, namun jika anda ingin membercepat rendering, anda harus maksimalkan VGA dan Memori RAM anda. Mulailah dari hal yang sederhana saja, jangan paksakan untuk membeli, jika baru memulai membuat video youtube.



EmoticonEmoticon